Mengenai Saya

Foto saya
Malang, East Java, Indonesia
Uhibbuka Fillah...

Laman

Selasa, 09 November 2010

TAFSIR SURAT ASY-SYU"ARAA


Assalam mualaikum warahmatullahi wabarokatuh...
Bismillahirrahmanirrakhiim....
Marilah kita menyimak firman Allah dlm AlQur"an surat Asy-Syu"araa berikut ini...
Setelah menyimaknya,apa yg anda peroleh dari firman Allah tersebut??
Dan bagaimana pendapat Anda" ttg kebiasaan (adat) yg tdk sesuai dg syariat islam...


==== QS: 26:69-82====
69: Dan bacakanlah kepada mereka kisah Ibrahim.
70: Ketika ia berkata kepada bapaknya dan kaumnya: “Apakah yang kamu sembah?”
71: Mereka menjawab: “Kami menyembah berhala-berhala dan kami senantiasa tekun menyembahnya”.
72: Berkata Ibrahim: “Apakah berhala-berhala itu mendengar (doa) mu sewaktu kamu berdoa (kepadanya)?,
73: Atau (dapatkah) mereka memberi manfaat kepadamu atau memberi mudharat?”
74: Mereka menjawab: ” (Bukan karena itu) sebenarnya kami mendapati nenek moyang kami berbuat demikian”.
75: Ibrahim berkata: “Maka apakah kamu telah memperhatikan apa yang selalu kamu sembah,
76: kamu dan nenek moyang kamu yang dahulu?,
77: Karena sesungguhnya apa yang kamu sembah itu adalah musuhku, kecuali Tuhan semesta alam,
78: (yaitu Tuhan) Yang telah menciptakan aku, maka Dialah yang menunjuki aku,
79: dan Tuhanku, Yang Dia memberi makan dan minum kepadaku,
80: dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku,
81: dan Yang akan mematikan aku, kemudian akan menghidupkan aku (kembali),
82: dan Yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat”.
====== QS: 26: 133-139======
133: Dia telah menganugerahkan kepadamu binatang-binatang ternak, dan anak-anak,
134: dan kebun-kebun dan mata air,
135: sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa azab hari yang besar “.


136: Mereka menjawab:” Adalah sama saja bagi kami, apakah kamu memberi nasehat atau tidak     memberi nasehat,
137: (agama kami) ini tidak lain hanyalah adat kebiasaan orang dahulu,
138: dan kami sekali-kali tidak akan diazab.
139: Maka mereka mendustakan Hud, lalu Kami binasakan mereka. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah), tetapi kebanyakan mereka tidak beriman.
menurut anda, adakah bencana-bencana di Indonesia disebabkan oleh adat-istiadat [kebiasaan] yg dilakukan oleh mereka yg masih melaksanakan adat tersebut, sementara apa yg mereka lakukan itu bisa dikatagorikan menuhankan sesuatu apapun selain Allah[sesuatu yg tidak diperintahkan di dalam AL-Qur'an dan As-sunah]??

http://www.facebook.com/notes/melati/tafsir-surat-asy-syuaraa/158220217549695