Mengenai Saya

Foto saya
Malang, East Java, Indonesia
Uhibbuka Fillah...

Laman

Senin, 06 Desember 2010

Ternyata Aku Belum Dewasa


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
===========================

Hheu, judulnya itu loh, akhirnyaaa... nyadar juga kaw, cha..! , ups, bukan maksudnya belum dewasa dalam arti umur ya, kalo soal umur sih, hmmm... emang sih belum bisa dibilang dewasa dalam arti sebenarnya, tapi dibilang anak-anak pun sudah lama masa itu pergi *tsaaah*. Remaja. Oke deh, mungkin itu status yang tepat untuk diriku saat ini.
Belum dewasa saat ini mau lebih kutekankan pada hal SIKAP. Ya, sikap. Kenapa belum dewasa? Well, manusia udah bisa dibilang dewasa semenjak dia sudah baligh, tapi belum tentu orang yang sudah baligh itu benar-benar bisa disebut 'dewasa'.
Trus kenapa kamu ngejudge diri kamu tuh belum dewasa, cha?
Hmm, jadi gini nih ceritanya...
Tadi, pas istirahat siang jam 10, aku kan nemenin temenku yang mau ke kamar mandi. Otomatis ngelewatin mushalla, dimana sebelum mushalla itu ada Mading DKM untuk organisasi Rohis mahasiswa. Nah, pas aku liat tuh mading, beuuuuh, rasanya semangadh pisan, soale beberapa hari yang lalu, aku en' anak-anak Rohis yang lain sibuk siapin bahan-bahan untuk mading yang bakal ngangkat tema Palestina. Aku serius deh, seneng buangep, pas dari hari Senin yang lalu udah bawa bahan-bahan yang ada buat ditempelin di mading, tapi apa daya, kakak yang megang kunci madingnya sakit, dan baru masuk hari Kamis.


Hari Kamis pun, aku udah sms Mas'ulah-nya, minta kakak yang megang tuh kunci jangan pulang dulu, soale anak-anak teknik memang pulang lebih awal dari biasanya. Tapiiiiiiiiiii... pas aku ketemu mas'ulahnya, beliau berkata kakak yang megang kuncinya sudah pulang!!! WHAT?! Shock banget, sedih, kecewa, padahal aku udah semangat banget pingin nempel tuh mading, biar orang-orang, warga satu kampus tau tentang Palestina. Yawdah, karena udah frustasi, capek, sedih, dan kecewa, semua tuh bahan-bahan mading kukasih ke mas'ulahnya, biar dia aja yang ngurus.
 Pamflet yang awalnya kusaranin difotokopi biasa aja, tapi dia kekeuh mau di print warna, karna udah sebel saranku gak didenger, dan mas'ulahnya pun tipe orang yang agak memaksakan kehendak, yawdah kukasih tuh semua bahan-bahan mading ke dia. Terserah mau diapain. Aku mau pulang pun dia cuma bilang "makasih..", dan gak merhatiin karena perhatiannya terfokus pada cewek cakep yg sedang diajaknya ngobrol di situ. Huftt.. Mangkel banget, mbok ya didengerin bentar aja! Hhiks...
Nah, hari ini... huaaaaaahhhhh... sedih banget pas liat mading! Beberapa artikel yang udah kukasih cuma ditempel 1 biji! bayangin, sebuah mading cuma ditempel 1 artikel! Yang lainnya cuma berupa gambar-gambar dan ayat. Yaa Allah! Sedih banget... hhiks... Gimana warga kampus mau tahu dan bisa tersentuh untuk peduli kepada saudara-saudara kita di palestina kalo propaganda di mading cuma gitu doang???? Alasannya artikel-artikel yang kukasih gak sesuai dengan konsep yang dibikin oleh kakak divisi syiar. What?!
Hiks, sedih... alasannya sepele banget... trus kenapa? Bahasan tentang Palestina kan bersifat universal, gak ada konsep pun sebenernya gak masalah. Ok deh, gak salah mereka bikin konsep, tapi bukan berarti yang gak sesuai dengan konsep jadi dibiarin gitu aja, padahal hal itu pun merupakan info! Ah... kecewa....
Aku yang yang biasanya gak enakkan dan gak bisa marah, tadi berubah menjadi Icha yang penuh kekesalan, dan pundung! Udah capek, mading jadinya gak sesuai dengan apa yang tadinya kubayangkan, lagi dapet 'tamu' pula, kakak ktingkat di Rohis gak dengerin pendapatku, dicuekkin, gimana aku gak sensi???? Makanya tadi aku diem aja. Stress! Ampe mas'ulahnya nanya,
"Icha kenapa? Kok diem aja? Gak kayak biasanya..."
Kujawab aja, "Gapapa..."
Yaiyalaaaah... gimana gak kesel. Omongan gak didenger, kayak pendapatku ditanggepin "hmmm.." doang udah beres. Apalagi aku orangnya kagak enakkan dan merasa bahwa "Aku ini adek tingkat", makanya kagak berani protes ke kakak-kakak  itu. Huff, hiks... serius pingin nangis banget!


Mas'ulahnya pun panikkan, ada masalah dikit langsung yang gimanaaa gitu, ngeliatnya juga jadi capek sendiri, kurang tegas dan kurang bisa mengambil sikap, jadi kayak bingung sendiri, aaah.. andai aku bisa berkata ke dia segampang aku nulis di MP ini... T___T.
Kadang suka berpikir,
"Aku pingin keluar dari Rohis!", karena entah kenapa berada di Rohis membuat aku tambah pusing, Rohis sekarang gak sesuai dengan apa yang kubayangkan sebelum pada akhirnya aku memutuskan untuk bergabung di organisasi itu. Dan aku berpikir, mending dakwah sendiri, lebih enak, gak ada yang ngatur-ngatur, gak terkekang dengan status "adek tingkat" dimana aku jadi gak bebas untuk berpendapat dan mengkritik.
Tapi kenyataannya kan gak segampang itu! Gabung di Rohis kan gak sekedar dakwah, tapi belajar berorganisasi juga. Belajar mendengar dan didengar orang. Belajar hidup bermasyarakat dan bersosialiasi, dan hal itu gak mungkin kan kulakukan kalo aku cuma sendiri!
Ya, itulah, mengapa aku berpendapat, bahwa aku belum dewasa, karena pikiranku pun masih pendek, masih mengedepankan emosi tanpa berpikir terlebih dahulu. Gak sesuai dikit langsung pundung, ngambek. Untung aja aku bukan tipe orang yang bisa marah lama-lama, kalo nggak, hiiii... naudzhubillah deh!
Tapi ya mungkin itulah pelajarannya dari peristiwa yang baru kualami. Gak semua bisa berjalan lancar sesuai harapan. Inilah ujian dalam dakwah, dalam berorganisasi. Kita berhubungan dengan orang lain, makhluk sosial, kan karakter semua orang itu berbeda, dan di sinilah tantangannya, dimana jika ada orang yang berbeda dengan kita, apakah kita masih bisa bertahan? Dari peristiwa ini aku belajar, aku bercermin, aku memang belum dewasa... Pikiranku masih pendek. Masih gampang pundung, gampang ngambek. Layaknya anak kecil yang merengek untuk dibelikan balon, dan menangis jika permintaannya tidak dituruti.
Ya, lagi-lagi aku belajar. Ya, belajar. Belajar tak sekedar akademik dengan nilai-nilai bagus. Yang lebih penting belajar dalam proses kehidupan. Ini jauh lebih berat. Apalagi kalo udah terjun di masyarakat, berbaur dengan orang banyak, menyesuaikan diri dengan karakter orang-orang yang beraneka ragam dan tentu tak jarang tak sesuai dengan diri kita. Tapi lagi-lagi kukatakan, ini belajar, proses belajar. Belajar memahami orang lain, belajar menjadi pemimpin yang baik, belajar agar bisa diterima orang banyak, dan tentunya tadi...
BELAJAR UNTUK MENJADI LEBIH DEWASA...I hope, I can...
Allahumma Aamiin...



Barakallahufik
Wassalamualaikum

http://www.facebook.com/notes/renungan-dan-motivasi-ifta-istiany-notes/renungan-ternyata-aku-belum-dewasa/174722662556389