Mengenai Saya

Foto saya
Malang, East Java, Indonesia
Uhibbuka Fillah...

Laman

Rabu, 22 Desember 2010

A2DC: Ada Apa Dengan Cewek [Part#2]


Hm, ditulisan A2DC Part I kita sudah panjang lebar membahas tentang kecantikan. Dan disana tersisa lagi dua pertanyaan penting yang harus dijawab!
Ikut yuk!
###
Termasuk pertanyaan yang menyibukkan pikiran sebagian sahabat, adalah hadits menyatakan bahwa cewek itu kurang akalnya juga kurang agamanya. Oh-oh, gawat, seakan Islam mendiskreditkan kodrat cewek!
Hohoho, sahabat, jangan salah sangka! Tak ada diskriminasi sama sekali dikalimat tersebut. Perhatikan alur penjelasannya.
"Kurang akal" disini, jika kita mau membuka lembaran tentang ilmu jiwa -psikologi- adalah hal yang benar. Bagaimana bisa?
Ya, seperti yang diketahui semuanya, kebanyakan cewek berperasaan lebih kuat daripada cowok dan kebanyakan cowok lebih suka bermain akal daripada bermain perasaan! Dengan kata lain: cowok jarang sekali mau menggunakan perasaannya dalam menghadapi sesuatu, dan cewek sering sekali mengalahkan akalnya, demi perasaannya.
Hm, ini sebuah realita, bukan? Jadi, ini bukan sesuatu yang aneh. Normal kok.
Malah, perbedaan kadar seringnya aktifasi -istilah ini sungguh gatal ditangan saya!- penggunaan akal dan perasaan antara cewek dan cowok ini, menjadi hal yang saling melengkapi, saling menyempurnakan. Minimnya penggunaan perasaan cowok, akan diobati dengan perasaan cewek yang memang aktif maksimal. Begitu juga tentang akal. Nah, keadaan yang saling melengkapi ini, adalah rahasia kebahagiaan antara cewek dan cowok!
Jadi, jangan artikan 'kurang akal' disini sebagai 'kebodohan' -ini salah. Karena disana banyak cewek yang kualitas otaknya lebih baik daripada kebanyakan cowok -salah satu saingan berat saya saat sekolah, adalah seorang cewek!
Lagipula, mau tak mau harus diakui, bahwa sepertiga hukum agama kita, ditransmisikan oleh seorang wanita hebat: Sy Aisyah. Bayangkan saja: sepertiga hukum agama kita! Hei, itu bukan sesuatu yang sedikit!


Nah, kalau realita berkata seperti ini, apakah masih ragu dengan kecerdasan cewek? Bahkan adik putri saya lebih dulu hafal Alqur'an daripada saya! Huhuhuhuhu.
Ok, itu tentang istilah 'kurang akal'. Kalau 'kurang agamanya'?
Sahabat, ini juga bukan sebuah olokan, kok. Lagi-lagi, hanya istilah saja, dan perlu penjelasan yang pas. Saya lebih condong memilih arti 'kurang agama' disini dengan 'tak berat tugas agamanya' -seperti perkataan Ulama. Karena memang beban syariat yang diemban kaum hawa, lebih ringan daripada beban kaum adam!
Lihat saja, disana ada kewajiban jihad bagi kaum adam -jika keadaan menuntutnya, lalu kewajiban menafkahi keluarga, kewajiban shalat lima waktu. Dan saat kita memindahkan pandangan pada kaum hawa, tak ada kewajiban jihad bagi mereka, bukan? Mereka pun tak wajib menafkahi keluarga. Juga ketika 'ada kunjungan bulanan', pun tak ada kewajiban shalat bagi mereka.
Nah, sudah bisa memahami 'kurang agamanya', kan?
Lalu dari segi pahala bagaimana? Hohoho, jangan khawatir. Salah seorang Shahabiyyah -shahabat wanita- pernah bertanya pada Rasulullah dengan hal yang sama, dan membandingkannya dengan pahala jihad dari kaum adam dan kewajiban-kewajiban lain bagi mereka yang tak diwajibkan pada kaum hawa. Bagaimana dengan pahala mereka? Jawab Rasulullah, mereka akan mendapat pahala yang sama persis dengan pahala jihad dan lainnya, jika mereka mau membahagiakan dan mentaati suami!
Wah, wah, kawan, jadi istri yang shalihah, ya!
Bahkan dihadits lain, disebutkan bahwa cewek akan diampuni dosanya ketika ia melahirkan anaknya -suatu hal yang tak mungkin terjadi pada cowok. Selain itu, pandangan penuh cinta antara suami istri, pun sumber pahala!
Wah.. Saya ingin istri yang shalihah, amin!
Jelas sekali kan, arti 'kurang agama'? Dan 'kurang agama' bukan berarti 'kurang pahala!'
Berlanjut dari sini, maka semua orang yang belum baligh -cowok ataupun cewek, bisa dikatakan lebih kurang agamanya dari cewek -ya, tak ada beban agama bagi mereka!
Jadi, jangan buruk sangka pada Rasulullah gara-gara hadits tersebut. Rasulullah begitu memuliakan cewek, sampai beliau berkata yang arti bebasnya: Cewek itu saudara kandung cowok. Tak akan memuliakan cewek, kecuali cowok yang mulia, dan tak akan menghina cewek, kecuali cowok kurang ajar!


Buat sahabat-sahabatku yang cowok, sekarang, kamu mau pilih kategori yang mana?
Oh-oh, kalau saya, ingin jadi cowok mulia saja!
###
Terakhir, tentang pertanyaan mengenai hadits Rasulullah yang berkata bahwa mayoritas penduduk neraka adalah cewek.
Widiw, serem.. Semoga kita semua tak masuk neraka, amin.
Lagi-lagi, jangan melihat hadits ini dengan sebelah mata!
Coba sedikit kita bermain akal, simpel saja: seperti yang diketahui, popularitas cewek lebih banyak dari cowok. Ayolah, ini real. Bahkan seingat saya, saya pernah membaca disalah satu koran ibu kota, perbandindan jumlah cewek di Negeri kita daripada cowok, adalah 3:1. Malahan dalam prediksi Rasulullah, kelak diakhir zaman, perbandingan jumlah cewek dan cowok adalah 50:1!
Nah, kalau memang popularitas cewek lebih banyak, maka bukan hal yang aneh, bukan, jika diakhirat nanti cewek tetap lebih banyak? Jika masuk neraka, pula jumlah dan perbandingan tetap akan seperti itu. Logis, bukan? Apakah berarti ini sebuah olokan?
Lagipula, jika kita mau menghitung, realita yang ada, jumlah antara cewek yang berpegang teguh pada agama dan tidak, lebih banyak yang tidak!
Ugh, ini benar-benar suatu realita yang sungguh pahit! Tapi jangan putus asa! Seharusnya, hal ini menjadi pelecut untuk kamu yang menyadari realita ini, agar berusaha selalu berpegang teguh pada agama, plus berusaha merubah realita yang ada! Insya Allah!
Ok, lanjut.
Malah kalau melihat hadits ini, seharusnya cewek malah bangga, loh.
Aneh! Bagaimana bisa?
Seperti yang kamu tahu, sebesar apapun dosa seorang muslim, selama ia tidak menyekutukan Allah, ia tak akan kekal dineraka. Neraka hanya 'putaran pertama' bagi mereka untuk membersihkan dosa, dan setelah dosa mereka bersih, mereka akan abadi dalam surga. Dan begitu juga muslimah!



Jadi, mensinkronkan antara pernyataan beliau 'mayoritas penduduk neraka adalah kaum hawa' dengan 'semua orang Islam pasti masul surga', menghasilkan kesimpulan yang berkata: 'mayoritas penduduk neraka adalah kaum hawa' hanya pada putaran pertama, pada proses pembersihan dosa. Dan pada putaran terakhir, kita mau tak mau akan mengakui, 'mayoritas penduduk surga adalah cewek'!
Ya, mayoritas penduduk surga adalah cewek!
Nah, bangga kan, menjadi mayoritas penduduk surga?
Tapi, tetap dong, kamu harus berdoa agar masuk surga tanpa harus wisata gratis ke neraka dahulu. Hehe. Siapa sih yang mau main-main kesana?
Ya Rabb, jaga iman kami hingga akhir hayat kami, dan masukkan kami ke surga tanpa harus ke neraka! Amin!
###
Yah, catatan Part #2 ini adalah kepanjangan dari Part #1 yang membahas kecantikan wanita. Membicarakan kecantikan mereka, saya mengingt salah satu kalam Sy Aly yang pernan saya hafalkan, "Aqlul mar'ah fijamaaliha, wa jamalurrajul fi aqlih". Prioritas penggunaan pikiran bagi seorang cewek, terletak pada urusan kecantikan wajahnya. Sedangkan ketampanan seorang cowok, terletak pada kualitas akal pikirnya!
Hmmmm. Silahkan ditafsiri, yah :D Yang jelas, kalam ini mengandung anjuran penting bagi cewek dan cowok! Silahkan memecahkan teka-teki! :D
###
Pernah suatu saat saya jatuh cinta pada seorang cewek cantik, agamanya pun cantik. Wajahnya diatas rata-rata pula! Oh-oh, saya begitu bingung dengan perasaan saya!
Hari-hari saya jadi tidak tenang. Saya rasa ini normal, tapi juga saya rasa kebingungan saya sungguh keterlaluan!
Daripada terus-terusan bingung, saya pun mencoba memberanikan diri untuk curhat pada Baba. Tapi, ugh, saya tak bisa mengatakannya dengan jujur! Saya bertanya dengan membuat perumpamaan, "Baba, mmmmm... Kalau semisal ada cowok seneng sama salah satu cewek, itu hukumnya gimana?"



Mengejutkan, Baba langsung menohok dada saya dengan jawaban beliau, "Kalau kamu sekarang sedang jatuh cinta, nggak papa kok, Ahmad. Itu udah waktunya. Cuman awas, jangan sampai melenceng dari rel Islam..."
Aduh-aduh, wajah saya memerah! Aaaaargh, rahasia saya terbongkar oleh Baba!!


http://www.facebook.com/notes/renungan-n-kisah-inspiratif/a2dc-ada-apa-dengan-cewek-part2/10150103077096042